Current Date:Januari 31, 2023

RRQ Hoshi digdaya atas ONIC Esports, KB beberkan beberapa alasannya

Ada beberapa hal yang menjadi faktor penentu ONIC Esports tak berkutik di hadapan RRQ Hoshi di M4.

Pertarungan antara RRQ Hoshi vs ONIC Esports yang terjadi di semifinal lower bracket M4 World Championship di Tennis Indoor Stadium, Senayan, pada Sabtu (14/1/2023), menghadirkan hasil yang sangat mengejutkan. Salah satu tim yang bertanding sukses meraih kemenangan telak.

Hal ini terbilang mengejutkan, mengingat ONIC Esports adalah juara MPL ID S10 usai berhasil mengalahkan RRQ Hoshi di grand final dengan skor 4-1. Artinya kedua tim memiliki kualitas dan kemampuan besar.

Namun kisah yang berbeda terjadi di pertemuan kedua tim tersebut di M4. RRQ secara mengejutkan berhasil menumbangkan ONIC dengan skor telak 3-0 dan bisa dibilang tanpa mendapatkan perlawanan yang berarti.

Mobile Legends, RRQ Hoshi, M4, ONIC Esports
Dhonazan Syahputra/ONE Esports

Keputusan ONIC yang memilih menggunakan META Assassin jungler seakan membuat mereka tertekan karena RRQ kembali menerapkan Tank jungler untuk Alberttt seperti di pertandingan terakhir mereka menghadapi Falcon Esports. Harapan untuk melihat duel Assassin di laga ini pun pupus.

Namun, penggunaan META di posisi jungler ini hanya satu dari banyak hal dan faktor yang menjadi penentu hasil pertandingan ini. Namun, hal ini juga diakui oleh caster/analis MPL ID, KB, menjadi salah satu penyebabnya.

KB, prediksi juara M4
Sumber: Dhonazan Syahputra/ONE Esports

“Mungkin hal tersebut bisa dibilang sebagai salah satunya karena (RRQ) sudah set up draft untuk meng-counter Fanny-nya banget,” ucap KB kepada ONE Esports.

“Selain itu, mungkin ONIC juga tidak menduga kalau Alberttt bisa melakukan metode yang sama seperti Blacklist dengan melakukan freeze buff,” tuturnya.



Kunci kemenangan RRQ Hoshi atas ONIC Esports lainnya di mata KB

Mobile legends, MLBB, RRQ Hoshi, TODAK, M4
Kredit: ONE Esports

Selain pemilihan META jungler, ada beberapa hal menentukan lainnya yang tidak luput dari pengamatan KB. Salah satunya adalah gameplay, terutama yang dilakukan oleh RRQ Hoshi.

Salah satu hal yang ditangkap oleh KB adalah penerapan gameplay yang membuat RRQ Hoshi sukses membuat core ONIC tidak bisa mengembangkan permainan, yaitu CW di gold lane.

Hal ini benar-benar terbukti ampuh untuk melemahkan CW sejak early game yang sangat berdampak kepada permainan ONIC hingga ke late game.

CW, ONIC CW, ONIC Esports, M4, MLBB, Mobile Legends
Kredit: Dhonazan Syahputra/ONE Esports

“Vyn dan Clay benar-benar memberikan tekanan ke gold lane. Hal ini membuat gold lane-nya (ONIC) sejak early game tidak bisa bermain,” kata KB kepada ONE Esports.

“Menurut saya gameplay ONIC juga telah benar-benar terbaca oleh RRQ Hoshi karena mereka seperti bermain (dengan formasi) 4-1 untuk team fight-nya dan seakan-akan tanpa CW karena berada di posisi yang under ketimbang Skylar,” tuturnya.

Tekanan tersebut juga membuat CW seolah terlihat berada di bawah performa terbaiknya. Namun memang akan sangat sulit bagi dirinya untuk memberikan kontribusi kepada tim jika tidak mendapatkan item-item yang dibutuhkan.

BACA JUGA: Jadwal playoff M4 World Championship, Format, Hasil Pertandingan dan cara menonton



Mobile Legend

Share